Sharing

Yuk, Intip Keberhasilan Yazid Membangun Bisnis Panahan (Archery) di Usia 15 thn

Hippi.or.id, Yazid Archery  yang dirintis pada tahun 2014 oleh Naufal Yazid selaku pemilik (owner), berhasil mengharumkan nama Pemuda Persis, simak beritanya disini. Yazid Archery beralamat di Kp. Sindangreret RT04 RW08 no.73 Kec. Pameungpeuk Kab. Bandung 40376.

Yazid Archery bergerak di bidang penyedia peralatan memanah, distributor, produksi peralatan memanah, eksport import, pelatihan memanah serta penyedia fasilitas archery war games,  meimiliki beberapa produk yang telah dipasarkan ke seluruh Indonesia.

Produk-produk yang dijual Yazid Archery antara lain; busur Arabic traditional, Turkish bow, Magyar horsebow, anak panah kayu ramin, anak panah karbon, bantalan target, dan berbagai aksesoris memanah lainnya .

Asal nama Yazid Archery diambil dari nama belakang owner, yakni “Naufal Yazid”. Memahami pentingnya memanah sebagai  salah satu olahraga Sunnah yang telah dianjurkan Rasullullah SAW dan harus di kenalkan kepada masyarakat luas khususnya  muslim.

Yazid terus berjuang selain menjual produk alat-alat memanah kami juga terus mesosialisasikan olahraga memanah kepada masyarakat dengan mengadakan ekstrakulikuler memanah ke sekolah-sekolah dan mengadakan pelatihan memanah di berbagai tempat.
 
Pada awalnya yazid  yang ketika itu masih berusia 15 tahun, memang tertarik pada olahraga memanah namun keterbatasan dana untuk membeli peralatan memanah yang lumayan mahal menjadikan Yazid bereksperimen membuat beberapa busur panah yang ia pelajari dari internet.

Dia memposting ke media sosialnya, ternyata berbagai tanggapan positif dari berbagai teman dan guru-gurunya sehingga banyak yang memesan dibuatkan busur panah, melihat peluang ini Yazid mulai serius berjualan alat memanah dengan memproduksinya seorang diri, sampai respon dari kepala sekolah tempat ia bersekolah mendukung dan ingin mengadakan ekstrakulikuler memanah di sekolah tersebut.

Memahami kurangnya lapangan pekerjaan di masyarakat,  Yazid merekrut beberapa orang untuk ikut bekerja di Yazid Archery dan sampai saat ini ada sekitar 7 orang karyawan di bidang produksi, puluhan tenaga pelatih, dan puluhan reseller produk di Yazid Archery.

Berdasarkan pengalaman berbisnis online sejak dia duduk di bangku SMP, Yazid punya penilaian bahwa kaum muda sangat bisa untuk berbisnis. Di zaman sekarang banyak anak muda yang melakukan berbagai kegiatan yang kurang bermanfaat, berbisnis di usia muda tentu memerlukan bimbingan yang intensif, oleh karena itu yazid memberikan berbagai pelatihan untuk produksi panahan dan berbagai strategi bisnis yang sangat tepat untuk usia pelajar, karena dia pun merintis bisnisnya ketika masih berstatus sebagai pelajar.

Selanjutnya Yazid membuka tempat produksi yaitu Yazid Archery Workshop di rumahnya, tempat Les memanah/ Sekolah Memanah Yazid Archery School di Kab. Bandung  dan Arena Permainan GOODBOY Archery War di Resto Rumah Nenek Ciwidey,
 
Sempat gagal produksi dan sempat keterbatasan modal, namun hal tersebut tidak membuat dia patah semangat.  Pada saat itu, yazid terus berinovasi dan membuat beberapa desain yang baru pada berbagai produknya.

Yazid Archery yang berdiri dengan modal awal hanya 250rb rupiah yang terdiri dari peralatan, dan bahan baku, kini yazid sendiri telah mempunyai penghasilan sekitar 4 sampai 5jt rupiah/bulan dan mampu menghidupi puluhan karyawannya.

Setelah  sukses  dengan  produknya sendiri di dalam negeri, Yazid Archery mulai ekspor-impor  peralatan memanah lainnya, dan mulai melengkapi peralatan untuk pelatihan dan alat produksi seperti mesin-mesin besar untuk mempermudah priduksi.

Apabila dikalkulasikan, maka aset sekarang yang dimiliki Yazid Archery adalah sekitar +/ – 120Jt  rupiah, yang terdiri dari pembelian alat dan penyewaan tempat, mesin-mesin, bahan baku, dan peralatan.

 

Bagaimana Pengelolaan SDM di Yazid Archery ?
Dalam pelaksanaan pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) memerlukan perencanaan yang matang, hal ini di dasarkan pada beberapa karakter yang harus dimiliki oleh para karyawan di team produksi dan tenaga pelatih diantaranya yaitu :

  • Keterampilan analisis
  • Memiliki kreatifitas
  • Mampu mengambil keputusan yang cepat dan tepat
  • Inisiatif
  • Hormat kepada keputusan maupun mendelegasikan dan memberikan panduan pada orang lain
  • Mampu mengorganisasikan pekerjaan dan menentukan prioritas
  • Berani mengambil resiko dengan pertimbangan, analisis yang akurat dan bertanggung jawab
  • Mampu bekerja di bawah tekanan dunia bisnis yang cepat berubah dan penuh tantangan.

Tahapan Pengelolaan Sumber Daya Manusia :
Dalam tahapan pengelolaan Sumber Daya Manusia memerlukan seleksi tahapan yang kami lakukan yaitu :

a. Rekrutmen

Merupakan gerbang awal penentuan seleksi masuk.

b. Orientasi

Merupakan tahap diperkenalkannya mengenai perusahaan, posisi perusahaan, personel perusahaan, hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan, pekerjaan, dan alur pekerjaan.

c. Pelatihan

Kegiatan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan karyawan sehingga dapat meningkatkan kinerja. Ada 2 macam pelatihan yaitu :

  1. Pelatihan Keterampilan Teknis
    Ketrampiln yang di berikan untuk trampil melakukan suatu pekerjaan.
  2. Pelatihan Pribadi
    Pelatihan keterampiln yang berhubungan dengan sesama karyawan, atasan, bawahan, mitra perusahaan dan pelanggan.
  3. Pemberdayaan
    Mendelegasikan pekerjaan kepada bawahan dengan melakukan pengawasan.
  4. Continous improvment
    Setiap hari harus menjadi lebih baik dari kemarin

 

Kirim Tanggapan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 + 19 =

Ke Atas