Studi Banding DPD HIPPI Sumatera Selatan ke DPD HIPPI DIY. Ini Buktinya!

Sebanyak 12 pengusaha yang tergabung dalam Dewan Pimpinan Daerah Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (DPD HIPPI) Sumatera Selatan yang dipimpin langsung oleh Ketua Umum DPD HIPPI Sumatera Selatan Hj. Hermaini, SE melaksanakan Studi banding ke DPD HIPPI DIY pada Sabtu, 21 September 2024 di Bakpia Jogkem Gedongkuning dan diterima oleh Koodinator Wilayah Tengah DPP HIPPI Wawan Harmawan, SE dan Sekretaris DPD HIPPI DIY, Ariyanto, SE, MMPar.

Kegiatan ini berlangsung di dua lokasi utama, yaitu Bakpia Jogkem Gedongkuning, Yogyakarta, dan Wanadelima Orchard, Pengasih, Kulon Progo, dengan turut dihadiri oleh UMKM dari HIPPI Bantul yang di komandani Ketua DPC HIPPI Bantul, Sutiman. Tampaknya hadir juga Ketua DPC HIPPI Kulon Progo, Dra. Ahmidati Marom dan Ketua DPC HIPPI Kota Yogyakarta, Agus Susanto, SE beserta anggota HIPPI lainnya.

Acara ini dibuka dengan kunjungan ke Pusat Oleh-oleh  Bakpia Jogkem Gedongkuning, salah satu produsen makanan khas Yogyakarta yang sudah dikenal luas, yaitu bakpia dan rombongan DPD HIPPI Sumatera Selatan ini juga mencoba langsung pembuatan bakpia di Pusat Oleh-oleh  Bakpia Jogkem Gedongkuning di Open Kitchen.

Direktur Utama Bakpia Jogkem Grup, Ariyanto, SE, MMPAR yang juga sebagai Sekretaris DPD HIPPI DIY, menyambut  dan memberikan sambutan. Dalam sambutannya, Ariyanto menyampaikan pentingnya kolaborasi antar daerah untuk mendorong pertumbuhan UMKM dan memperkuat perekonomian lokal. “Studi banding ini sangat baik dilakukan ke sesama anggota HIPPI, karena akan mewujudkan silaturahmi yang erat di sesama HIPPI di Indonesia,” jelas Ariyanto.

Dikesempatan yang sama Wawan Harmawan, SS, Koordinator Wilayah HIPPI Wilayah Tengah (meliputi HIPPI Jateng, DIY, dan NTT) yang juga calon Wakil Walikota Yogyakarta Pilkada 2024 ini, turut hadir dan memberikan pandangan mengenai pengembangan UMKM sebagai pilar penting dalam meningkatkan daya saing daerah di kancah nasional. “Agenda ini sangat baik untuk mensinergiskan IKM atau UMKM di lingkungan HIPPI dan akan menambah wawasan tentang produk yang dihasilkan,” ujar Wawan.

Hj. Hermaini, SE selalu Ketua Umum DPD HIPPI Sumatera Selatan mengucapkan terima kasih atas sambutan yang telah di lakukan jajaran Pengurus DPD HIPPI DIY. “Saya haturkan terima kasih tak terhingga di acara Studi banding ini, semoga dengan kunjungan ini akan terjalin kerjasama yang baik kedepannya, khususnya sesama anggota HIPPI,” ungkapnya.

Setelah kunjungan ke Bakpia Jogkem, rombongan melanjutkan agenda ke Wanadelima Orchard di Kulon Progo Yogyakarta. “Di sini, para peserta mempelajari bagaimana pengelolaan agrowisata dapat menjadi potensi bisnis baru bagi UMKM, serta meningkatkan nilai tambah bagi produk lokal,” kata Dhani Anwar, pemilik Wanadelima Orchad.

Dikesempatan ini, UMKM HIPPI Bantul turut berbagi pengalaman mereka dalam menghadapi tantangan dan peluang di sektor usaha kecil dan menengah, dan juga menjual hasil produknya.

Kegiatan studi banding ini diharapkan dapat memperkuat jaringan dan kerja sama antara HIPPI Sumatera Selatan, HIPPI DIY, dan UMKM lokal, dengan tujuan akhir meningkatkan inovasi, daya saing, dan pertumbuhan ekonomi daerah melalui sinergi antar pengusaha. (Ags)

Sumber: Studi Banding DPD HIPPI Sumatera Selatan ke DPD HIPPI DIY. Ini Buktinya! – Koran Merapi

Share the article

Newsletter Updates

Enter your email address below and subscribe to our newsletter